Sunday, May 31, 2015

Berkenalan dengan jQuery Mobile

jQuery Mobile adalah sebuah platform pengembangan dari jQuery. Pertama kali kita harus belajar bagaimana memahami cara kerja dan implementasinya dalam aplikasi web. Dengan menggunakan jQuery Mobile, kita bisa membuat berbagai aplikasi mobile yang dapat bekerja dengan baik di berbagai sistem operasi.

Contoh sistem operasi  yang didukung oleh jQuery Mobile antara lain Android, BlackBerry. Fennec,WebOs dan lainnya.

Tutorial ini adalah tutorial bersambung. Pada postingan ini sebagai pendahuluan, kita akan berkenalan dulu dengan jQuery Mobile. Kita akan mengenal sejarah, fitur dan mengapasih kita harus menggunakan jQuery Mobile.

Sejarah jQuery Mobile 
jQuery Mobile adalah proyek pencabangan dari jQuery, yang mulai dipisahkan menjadi proyek independen mulai tanggal 11 Agustus 2010. Tujuannya adalah menggunakan jQuery untuk perangkat mobile. Seperti yang kita tahu jQuery adalah library JavaScript yang populer untuk menciptakan website yang interaktif. Namun, karena jQuery dirancang untuk browser desktop, maka jQuery tidak memiliki banyak fitur khusus yang dirancang untuk membangun aplikasi web mobile.

jQuery Mobile aalah proyek baru yang ditujukan untuk mengatasi kekurangan ini. jQuery Mobile adalah framework yang dibangun di atas jQuery, yang menyediakan berbagai elemen user-interface dan fitur-fitur untuk digunakan dalam aplikasi mobile.

Dengan menggunakan jQuery Mobile, kita bisa membuat aplikasi web yang multi platform, tidak tergantung pada pinrati keras tertentu. Dengan kode yang sama, aplikasi web kita bisa berjlan di hampir semua pinranti mobile saat ini.

Apa alasan menggunakan jQuery Mobile ? 

Saat ini web yang kita buat dapat diakses dengan berbagai platform. Tidak hanya perangkat populer saja seperti Android dan iOS, tapi juga bisa diakses di piranti mobile lainnya.

Dengan menggunakan jQuery Mobile kita tidak dipusingkan dengan perbedaan bahasa pemrograman di berbagai perangkat. Karan jika kita membuat aplikasi dengan jQuery Mobile aplikasi kita sudah dapat dijalankan di berbagai perangkat.

Membuat aplikasi mobile dengan jQuery Mobile pun lebih mudah dan lebih cepat jika dibandingkan jika kita membuat aplikasi langsung. Juga sekarang sudah banyak theme jQuery Mobile jadi anda bisa membuat berbagai aplikasi dengan berbagai tema.

Dimana saya bisa mendapatkan jQuery Mobile ? 

Untuk dapat menggunakan jQuery Mobile anda bisa mendownload atau menggunakan versi CDN nya yang didapatkan di situs resminya https://jquerymobile.com/ .
Saat artikel ini ditulis versi terakhir dari jQuery Mobile adalah 1.4. Silahkan unduh versi jQuery Mobile yang anda inginkan. Atau bisa juga menggunakan versi CDN nya.

Membuat aplikasi dengan jQuery Mobile 

Sebenarnya jQuery Mobile sudah menyediakan dokumentasi yang lengkap di halaman demonya. Anda dapat mengaksesnya disini : http://demos.jquerymobile.com/1.4.5/

Mungkin artikel ini saya cukupkan sampai disini dulu. Terimakasih telah membaca jangan lupa beri masukan yah dengan cara menuliskan komentar.

Bagikan

Jangan lewatkan

Berkenalan dengan jQuery Mobile
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.