Sunday, March 6, 2016

Mengenal layanan cloud computing


Apa itu cloud computing ?


Dikutip dari laman wikipedia, Komputasi awan (bahasa Inggris: cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('awan'). Cloud Computing memanfaatkan internet untuk berbagi sumber daya komputer. Cloud computing biasanya merupakan sebuah layanan komputasi. Anda dapat menggunakan layanan tersebut melalui internet tanpa tahu seperti apa servernya,bagaimana menjalankannya dan perawatannya.


Contoh penerapan clod computing yang paling sering digunakan adalah layanan Email dan Cloud storage. Berdasarkan jenis layanannya Cloud Computing dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :



  • Software as a Service (SaaS) : Software as a Service memberikan layanan aplikasi yang siap dipakai oleh user. User tidak perlu membuat aplikasi dan menyiapkan infrastrukturnya. Contoh layanan ini adalah : office365, Email, Google Docs, dll
  • Platform as a Service (PaaS) : Pada layanan ini, provider akan menyewakan segala keperluan untuk menjalankan aplikasi user. Diantaranya adalah sistem operasi, database, framework, storage,dll. Dengan adanya layanan ini user tidak perlu menyiapkan infrastruktur dan melakukan maintance untuk server aplikasinya. Provider yang menyediakan layanan ini adalah : Windows Azure, Amazon Web Service, OpenShift. dll
  • Infrastructure as a Service (IaaS) : Berbada dengan layanan Platform as a Service, layanan ini provider akan menyewakan insfrastruktur kepada user. Ibaratnya anda menyewa sebuah server kosong yang belum diinstall, dan anda bebas melakukan konfigurasi apapun untuk membangun layanan cloudnya. Contoh IaaS adalah Amazon EC2, Windows Azure,dll

Sebenarnya selain dari kategori di atas ada juga layanan Database as a Service.(DBaaS). Layanan ini memberikan fungsi database sebagai layanan untuk satu atau lebih user. Contoh dari DBaaS adalah Firebase.

Dengan adanya layanan cloud computing, manfaat yang dapat kita peroleh adalah :

  1. Skalabilitas, yaitu dengan cloud computing kita bisa menambah kapasitas penyimpanan data kita tanpa harus membeli peralatan tambahan, misalnya hardisk dll. Kita cukup menambah kapasitas yang disediakan oleh penyedia layanan cloud computing.
  2. Aksesibilitas, yaitu kita bisa mengakses data kapanpun dan dimanapun kita berada, asal kita terkoneksi dengan internet, sehingga memudahkan kita mengakses data disaat yang penting.
  3. Keamanan, yaitu data kita bisa terjamin keamanan nya oleh penyedia layanan cloud computing, sehingga bagi perusahaan yang berbasis IT, data bisa disimpan secara aman di penyedia cloud computing. Itu juga mengurangi biaya yang diperlukan untuk mengamankan data perusahaan.
  4. Kreasi, yaitu para user bisa melakukan/mengembangkan kreasi atau project mereka tanpa harus mengirimkan project mereka secara langsung ke perusahaan, tapi user bisa mengirimkan nya lewat penyedia layanan cloud computing.
  5. Kecemasan, ketika terjadi bencana alam data milik kita tersimpan aman di cloud meskipun hardisk atau gadget kita rusak

Sumber gambar www.itdonut.co.uk

Bagikan

Jangan lewatkan

Mengenal layanan cloud computing
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.